Bisnis Melia Sehat Sejahtera Menurut Islam


Bisnis Melia Sehat Sejahtera Menurut Islam, Halal Atau Haram?

By. Jlcn. Yade Zaenal Mutaqin

Bisnis Melia Sehat Sejahtera Halal

Bisnis Melia Sehat Sejahtera Halal

Banyak yang bertanya kepada saya tentang Bisnis Melia Sehat Sejahtera Menurut Islam. Banyak yang ragu akan halal atau haramnya bisnis Melia Sehat Sejahtera. Saya termasuk salah satu orang yang awalnya meragukan hal itu sebelum memutuskan gabung dan mengerjakan serius bisnis ini.

Saya akan menceritakan awal saya bergabung di bisnis PT. Melia Sehat Sejahtera. Dan ini kisah nyata saya yang dimana saya sempat tidak diizinkan bergabung dan mengerjakan bisnis ini oleh orang tua saya sendiri.

Ayah saya adalah orang yang sangat taat terhadap hukum agama, beliau adalah seorang Ustad yang paham ilmu fiqih dan hukum perdagangan dalam syariat Islam. Beliau melarang saya mengerjakan bisnis PT. Melia Sehat Sejahtera dengan alasan karena bisnis MLM (Multi Level Marketing). Beliau adalah orang yang sangat benci akan bisnis MLM karena banyak anggota keluarga kami yang telah bergabung di bisnis MLM dan mereka semuanya tertipu akan sistem marketing plannya. Mereka tidak sukses bukan karena mereka tidak kerja keras, akan tetapi karena sistem marketing plan bisnis MLM tersebut tidak berpihak kepada member.

Saya diskusi dengan ayah saya tentang bisnis Melia sehat sejahtera menurut hukum Islam. Ayah saya bilang menurut syariat Islam, hal-hal yang membuat bisnis baik MLM ataupun konvensional itu haram jika ada unsur sebagai berikut:

  • Bisnis MLM Riba (Tambahan)

Riba adalah tambahan keuntungan dalam bisnis yang tidak sah dan merugikan orang lain. Bisnis MLM Riba adalah bisnis yang sistem marketing plannya berbentuk piramida. Sistem Marketing Plan dimana orang yang join duluan selalu diuntungkan dalam segi bonus (pendapatan). Adanya peringkat (jabatan) dan rewards (iming-iming) dalam marketing plan bisnis MLM tersebut yang membuat banyak unsur riba.

Adanya tambahan keuntungan itu mengakibatkan perusahaan MLM memarkup harga produk yang tidak sesuai dengan harga pasar. Banyak produk MLM dengan kualitas dan bahan yang sama dengan produk yang ada di pasaran, tapi harganya lebih mahal bahkan lebih dari 2x lipat harga pasar. Inilah yang membuat bisnis MLM tersebut jadi Haram.

PhotoGrid_1513220553478[1]

Pertanyaannya:

Apakah semua bisnis MLM sama sistem Marketing Plannya?

Jawabannya: Tidak Sama.

Sistem Marketing Plan PT. Melia Sehat Sejahtera tidak menguntungkan orang yang bergabung duluan. Semua member punya hak bonus (pendapatan) yang sama, baik bonus sponsor, bonus leadership, bonus unilevel, bonus retail dan group retail. Tidak ada bonus yang dibayarkan berupa rewards (iming-iming) dan tidak ada jabatan level peringkat di sistem marketing plan Melia Sehat Sejahtera. Jadi tidak ada tambahan bonus (pendapatan) yang tidak sah di Melia, semua member mendapatakan hak bonus yang sama.

Harga produk di PT. Melia Sehat Sejahtera selalu stabil sejak awal berdiri tahun 2003. Harga Melia Propolis dan Melia Biyang sama dengan harga pasar. Produk PT. Melia Sehat Sejahtera tetap memiliki kualitas terbaik dan harga yang sesuai. Makin banyak masyarakat yang merasakan khasiatnya.

Pertanyaannya:

Bagaimana dengan produk melia propolis yang dijual murah?

Jawabannya: Wajar murah karena produknya oplosan. Sebetulnya mahal karena 1 botol yang asli, mereka oplos menjadi 10 botol melia propolis palsu. Banyak masyarakat tertipu dengan produk propolis murah dan tidak ada manfaatnya.

Melia Propolis Palsu biasanya dijual di online market place, toko herbal dan apotek-apotek. Untuk mengeceknya anda minta bukti nomer ID Member sebagai syarat sah menjual produk Melia Propolis dan Melia Biyang.

Kesimpulannya: Bisnis Melia Sehat Sejahtera membayar bonusnya adil ke semua member yang bergabung. Dengan sistem Marketing Plan yang adil inilah membuat bisnis PT. Melia Sehat Sejahtera terus berkembang sampai lebih dari 17 tahun. Jadi hukumnya HALAL.

  • Bisnis MLM Gharar (Ketidak Jelasan)

Bisnis Gharar adalah akad jual beli yang tidak jelas dan ada unsur penipuan. Barang yang diperjual belikan tidak jelas dari segi harga, kuantitas, kualitas, dan keberadaan barang tersebut.

Ada 3 bentuk bisnis gharar menurut Ibnu Taimiyah dalam Al-Fatawa Al-Kubra (4/18) yaitu:

PhotoGrid_1513214809556[1]

Jika ada bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang ketika anda bergabung, anda tidak mendapatkan produk yang sesuai dengan uang yang anda keluarkan (Money Game). Maka haram hukumnya bergabung di bisnis MLM tersebut  dimana ada ketidak jelasan baik itu berupa harga produk, manfaat produk, jumlah produk, dan keberadaan produknya.

Sedangkan di PT. Melia Sehat Sejahtera, anda bergabung mengeluarkan uang dan akan mendapatkan produk yang jelas harganya, kuantitasnya, kualitas dan keberadaan produknya. Harga produk member dan harga jual serta pembagian bonus di Melia jelas diatur di  Marketing Plannya PT. MSS yang bisa anda fahami.

Kesimpulannya: Bisnis Melia Sehat Sejahtera tidak ada unsur ghoror jadi hukumnya HALAL.

  • Bisnis MLM Money Game (Investasi Uang Skema Ponzi)

Jika ada perusahaan MLM tanpa produk itu jelas hukumnya HARAM. Bisnis member get member dengan sistem piramida. Dimana member dapat bonus akibat mengajak member baru tanpa ada produk yang diberikan ke member sesuai dengan uang yang dikeluarkannya. Ini yang dimaksud binsis MLM Penipuan. Bisnis investasi bodong dengan skema ponzi atau piramida dan bisnis arisan berantai yang lagi marak sekarang.

Maka jangan pernah bergabung di bisnis apapun tanpa produk. Karena sekecil apapun uang yang anda keluarkan harus mendapatkan produk yang senilai. Bisnis berkedok sedekah dengan skema ponzi sekarang lagi marak. Banyak orang berbisnis berkedok agama tapi sebenarnya penipuan.

Sedangkan di PT. Melia Sehat Sejahtera, bonus dibayarakan sesuai dengan paket produk yang dibeli oleh orang yang kamu ajak bergabung. Dia tidak rugi karena mendapatkan produk Melia propolis dan Melia Biyang senilai dengan uang yang dia keluarkan. jadi hukumnya HALAL.

  • Bisnis MLM Dhalim

Jika ada perusaan MLM dengan sistem pembayaran bonusnya banyak syarat-syarat target seperi TUPO (Tutup Poin), side volume, sistem peringkat (piramida), sistem level jabatan dimana yang dibawah kerja keras bonusnya kecil, sedangkan yang diatas duduk manis dapat bonus persentase besar. Ini jelasnya hukumnya HARAM.

Sedang di PT. Melia Sehat Sejahtera, bonus kita dibayar satu hari kerja berapapun omsetnya dalam sehari. Tidak ada level peringkat di bisnis Melia, semua member sama haknya dengan sama persentasi bonusnya dengan orang yang join duluan. Jadi pembagian bonus di PT. MSS adalah sangat adil dan HALAL. Ini bisnis MLM terbaik di Indonesia.

Maka hati-hati memilih bisnis yang mengedepankan rewards. Itu sudah pasti ada penipuan di dalam sistem marketing plannya. Sekarang banyak bisnis katanya berkah tanpa riba tapi di dalamnya ada sistem leveling dan ada rewards. Hati-hati itu pasti banyak jebakan batman dimana anda akan dibodoh-bodohi dan diiming-iming bergabung padahal sistemnya dholim.

  • Bisnis MLM Dengan Produk Haram

Jika ada perusahaan MLM yang menjual produk barang haram, seperi produk babi, narkoba, dll. Jadi pastikan produknya tidak mengandung barang haram dan aman dikonsumsi oleh umat muslim.

Produk di PT. melia Sehat Sejahtera terbuat dari bahan-bahan alami halal dan sudah di check oleh badan penyidik dan sertifikat halal dari Malaysia. Jadi bisnis Melia Sehat Sejahtera sangat HALAL.

Itulah alasan kenapa banyak bisnis MLM yang haram menurut Islam. Jika ada bisnis MLM haram, maka pasti ada bisnis MLM yang halal yaitu bisnis PT. Melia Sehat Sejahtera.  Banyak para ulama besar dan ustad yang sudah bergabung di bisnis ini dan mereka mengakui akan kehalalan sistem Marketing Plan Bisnis Melia Sehat Sejahtera.

Jadi ayah saya pun bergabung setelah paham dan dijelaskan berulang-ulang oleh saya. Bahkan saya ajak beliau ke Training dan OPP yang membuat beliau makin yakin bahwa bisnis Melia ini halal bahkan sangat bagus dan dianjurkan.

Anda masih ragu akan kehalalan bisnis ini? silahkan anda datang dan diskusi langsung dengan saya dan ketemu orang tua saya dan kita diskusi berdasarkan Al-Alquran dan Hadis.

Semoga informasi tentang Bisnis Melia Sehat Sejahtera Menurut Islam ini bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa berikan bintang, like, komen dan share ke semua teman-teman sosial media anda.

More Info Hubungi Kami:

YADE ZAENAL MUTAQIN (INDKJ0288A)
HP/WA: +62 821-1016-1010

WAWAN SETIAWAN (INDME0677J)
HP/WA: +62 821-1034-1010

LINDA SUSANA (INDKJ0328U)
HP: +62 813-9440-6135


62 thoughts on “Bisnis Melia Sehat Sejahtera Menurut Islam

      • Di melia gk ada mantan Leader kawan..kalau ada mantan Leader yg dapat hidayah itu justru makin banyak bantu downline nya untuk sukses bersama sama bukan malah meninggalkan donwline nya

        Jadi sebenernya gk ada yang salah sama siatem marketing plan Melia yang salah adalah orang yg banyak mikir banyak menganalisir dan gk pernah bantu donwline itu baru namanya dosa dan haram udah menelantarkan donwline nya..

        Di melia gk ada crita nya Upline duduk diam dapat bayaran justru Upline harus kerja keras buat bantu donwline nya kiri dan kanan supaya donwline punya bonus dengan cara membantu menjelaskan ..dimana mana setau saya bantu orang punya pengahsilan bantu orang hidup sehat itu halal ko kecuali meninggalkan downline itu baru haram karna gk bertanggung jawab.

        Kalau melia sistem nya haram brarti ibadah haji halal atau haram kawan.??

        Bantu anak Yatim.bantu fakir miskin memperbanyak sedekah halal atau haram..

        Haram itu kembali ke diri kita masing dari mana hasilnya dan untuk apa hasil itu..

        Semoga anda sadar dan berada di jalan yg benar jangan cuma jago mengkritik dan berkomentar kayak gk ada kerjaan aja hhahaha

        Trimakasih

        Suka

      • Intinya Kalau Anda Merasa Faham Dengan Hukum Haram/Halal Tidak Mungkin Anda Bergabung Di MELIA Diawal Tampa Cari Tahu DidalamNya Dan Kenapa Anda Bergabung Diawal, Apa Itu Keuntungan Berbisnis Contoh 1+1=2, Modal Baju Piama 150rb Tidak Mungkin Anda Jual 125.000 Yang Pastinya Anda Jual Diatas Dari Modal Itulah Namanya Keuntungan, Dan Kenapa Anda Bergabung Diawal Lalu Ujung2 Anda Meninggalkan Downline Anda, Berarti Anda Ngak Faham Dan Hanya Mengorbankan Downline Begitu Cukup Menyakikan Diawal Waktu Merekruk. Kesimpulanya Jikalau Anda Gagal Di Melia Itulah Yang Membolak Balikkan Fakta Haram/Halal MLM.

        NB: Pengen Sukses Tapi Ngak Bertindak, Begitu Gagal Banyak Alasan. Kata Haramlah, Susalah, Inilah Itulah dll.


        https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

        Suka

    • Untuk menjadi member ada di Marketing Plan Paketnya dan produknya atau dibawah artikel ini. Marketing Plan semua akan diajarin lewat buku, video dan Training-training.
      Terima Kasih.

      Suka

    • Ulfa,
      Untuk member tergantung paket produk yang mau diambil. Saya selalu saranakan ambil minimal 7 paket, lebih baik 15 paket, 31 paket adalah excellente. It’s up to you mba Ulfa. Semakin besar paket yang diambil diawal, semakin untung besar peluang pebghasilan dan keceoatan untuk suksesnya.

      Suka

  1. Ping balik: Bisnis Melia Sehat Sejahtera | PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA

  2. Alhamdulilah Ya…Makin berkah kerjakan bisnis Melia dengan sistem yg adil dan halal dan bisa membantu sesama sukses.

    Terima Kasih Infonya…

    Suka

  3. Ping balik: Melia Sehat Sejahtera | PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA

  4. bagaimana dengan transaksinya? yang lebih mengutamakan dapat anggot/sponsor dari pada jual beli produknya. seehingga dalam jual beli produknya seakan dipaksakan yakni tak ada kebutuhan dari pihak pembeli kecuali cuma untuk jadi anggota.

    Suka

  5. Assalamualaikum

    Izin sharing aja, hati-hati itu dalam mengatakan HALAL, karena kenapa ? Jelas-jelas MSS menggunakan ranting piramida, dimana disini ada yang di untungkan Dan dirugikan. Siapa di untungkan ? Uplinenya, jelas disini upline hanya duduk santai, hanya memberi nasehat-nasehat bualan. Dapat keuntungan Dari down line bawahannya. Yang Banting tulang mencari member baru. Dan siapa yang di rugikan, jelas Downline/member baru yang di peras-peras supaya menambah jaringannya. Mungkin produknya yang HALAL, tapi menurut saya sistem rule nya dalam penerapannya yang masih bisa di perdebatkan. Apalagi ini MSS menggunakan sistem piramida, yang mana dalam Islam tidak ada hukum seperti ini.

    Saran saya, hati-hati dalam dalam menulis artikel tentang HALALnya mengikuti MSS, mengapa saya berani mengatakan tersebut. Pembahasan tersebut sudah saya sering tanyakan kepada beberapa ulama kurang lebih saya bertanya kepada 20 an lebih ketika pengajian di berbagai tempat, kepada Habib dan kiyai – kiyai Dan saya mengambil kesimpulan dari beliau -beliau bahwa produknya yang halal, tapi sistem kerja nya yang DILARANG/HARAM. Saran saya lagi alangkah baiknya, jangan bertanya cuma satu guru coba sering-sering bertanya pada guru-guru lain.

    Salam, dari mantan leader/upline. Yang Alhamdulillah, sekarang sudah mendapat Hidayah oleh Allah SWT dalam mencari rizki yang HALAL. Banyak atau pun sedikitnya rizki yang kita miliki yang penting barokah dengan penuh di syukuri. Dunia hanya sementara semua hanya titipan Allah SWT, semua akan kembali padanya.

    Wassalamualaikum

    Suka

    • Bima Sakti,

      SIstem Marketing Plan di Melia sudah sesuai syariat Islam bahkan adil. Tidak ada unsur Piramida dan memeras downline di bisnis Melia seperti MLM lain, itu makanya Melia bsrbeda dengan MLM lain.

      Semua orang join dengan beli produk yg harganya sama dan mendapatkan peluang bonus yang sama. Upline dan downline bukan atasan dan bawahan, Kita semua partner bisnis yang bekerjasama menjalankan bisnis ini.

      Bahkan di Melia tidak ada upline atau leader yang sukses dengan duduk manis, bahkan leader sukses di Melia harus membantu downline dulu dapat bonus baik dikiri dan dikanan, baru dia dapat bonus yang nilainya lebih kecil.

      Anda mantan leader kok tinggalin jaringan. Itu yang dholim dan tidak amanah dan akan diminta pertanggingjawaban nanti. Itu dosa besar.

      Anda harusnya bertanggung jawab mmmbantu mereka sukses, malah anda tinggalkan dengan alasan kepentingan sendiri pura-pura pengen berokah padahal anda sudah mengorbankan jaringan anda.

      Inilah kasus mantan leader yang tidak bertanggung jawab dan merusak nama baik dan sistem melia, semoga anda mendapat Hidayah yang benar dan menjadi manusia yang bertanggung jawab tehadap orang-orang yang anda ajak dulu.

      Pakai logika aja mas, jika bisnis Melia ini haram, sudah dr dulu Melia ditutup. Ini malah makin besar dan banyak para ustad yang mulai faham dan bergabung.

      Tolong anda perbaiki Ilmu anda, fahami yang benar supaya anda tidak menyesatkan banyak orang dengan komentar anda.

      Terima kasih,
      YMC

      Suka

      • Anda yang perbaiki ilmu. Belajarlah dari guru-guru yang mengutamakan Qur’an dan As-sunnah. Jangan belajar dari orang yang masih mengutamakan dunia dan menghalalkan segala cara seperti anda.
        Semoga Allah segera memberi anda hidayah sebelum ajal. Karena kalau tidak, azab besar menanti anda.

        Suka

    • Saya juka pernah menemukan mantan leader melia kaya mas bimasaksi di daerah saya. Dia sudah meninggalkan jaringannya dan kabur bawa uang postingan member-membernya, terus bilang sistem melia gak bagus dan piramida. Padahal sejak kapan sistem Melia jadi piramida, dia mengada-ngada biar seolah-olah dia benar. Dasar penjahat suka ngaku orang alim.

      Hati-hati pak Yade, orang begitu suka bolak-balikan fakta dan makanya dia dikeluarkan di Melia karena pasti telah menipu. Ini oknum yang harus diberantas katena telah mencemarkan nama baik bisnis Melia.

      Bisnis Melia memiliki sistem Marketing Plan yang sangat dahsyatt, dimana kita dipaksa harus kerja jujur dan mau menolong seluruh jarungan, jika tidak maka akan gagal dan tida akan memperoleh bonus. Tidak ada di Melia motivasi2 memeras downline kerja brother Bimasakti. Anda kayaknya telah berbohong dan membolak-balikan fakta.

      Jangan jadi orang kaya begitu bang bimasakti, kejahatan sedikitpun yang anda lakukan akan dibalas oleh Allah SWT. Inget karma akan menghantui hidupmu.

      Salam Dahsyatt,


      https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

      Disukai oleh 1 orang

      • Iya di kalimantan juga banyak seperti itu maka hati2 sama ognum yang mengaku ngaku mantan leader melia lah mantap member melia lah..karna di melia gk ada mantan leader atau member ada nya hanya mantan pecundang yang gk sukses dan membolak balikan fakta seolah2 melia yg salah.

        Suka

    • Di melia gk ada mantan Leader kawan..kalau ada mantan Leader yg dapat hidayah itu justru makin banyak bantu downline nya untuk sukses bersama sama bukan malah meninggalkan donwline nya

      Jadi sebenernya gk ada yang salah sama siatem marketing plan Melia yang salah adalah orang yg banyak mikir banyak menganalisir dan gk pernah bantu donwline itu baru namanya dosa dan haram udah menelantarkan donwline nya..

      Di melia gk ada crita nya Upline duduk diam dapat bayaran justru Upline harus kerja keras buat bantu donwline nya kiri dan kanan supaya donwline punya bonus dengan cara membantu menjelaskan ..dimana mana setau saya bantu orang punya pengahsilan bantu orang hidup sehat itu halal ko kecuali meninggalkan downline itu baru haram karna gk bertanggung jawab.

      Kalau melia sistem nya haram brarti ibadah haji halal atau haram kawan.??

      Bantu anak Yatim.bantu fakir miskin memperbanyak sedekah halal atau haram..

      Haram itu kembali ke diri kita masing dari mana hasilnya dan untuk apa hasil itu..

      Semoga anda sadar dan berada di jalan yg benar jangan cuma jago mengkritik dan berkomentar kayak gk ada kerjaan aja hhahaha kelihatan kalau leader ini jarang trauning hihi

      Trimakasih

      Suka

      • Betul bangettt, kita do’akan dia segera sadar dari apa yang dia ucapkan dan dia kembali ke jalan yang benar dan meminta maaf kesemua jaringannya bahwa dia tekah dhokim meninggalkan mereka dan lari dari kenyataan.

        Hidup hanya satu kali kawan-kawan, mari berbuat baik terhadap sesama. agan hidup ini berkah dan berlimpah rahmat Allah SWT.

        Suka

  6. Trimakasih ya Dokter Yade lewat berantara dokter Yade dan Produk dari PT.MELIA SEHAT SEJAHTERA saya sembuh dari penyakit saya di mana saya setiap bulan sebelum kenal produk ini saya sllu absen sakit..

    Dan trimakasih sudah mengajarkan bisnis nya juga yg sangat banyak membantu orang untuk hidup sehat dan berpengahsilan


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Suka

  7. Ping balik: Melia Sehat Sejahtera Penipu | PT. MELIA SEHAT SEJAHTERA

  8. Assalamu’alaikum.. Mhon maaf sbelumnya, tpi entah knpa sya lbih stuju dngn mas bima sakti.. Jangan seenaknya bilang halal hanya untuk keuntungan bisnis .. inget, kan ada hadits yg mnyatakan klo kita ngajak orang brbuat buruk, maka orang yg ngajak akan dpet dosa sperti yg diajak tanpa mngeurangi dosa yg di ajak.. Hati2 loh ya.. Dan yg dilakukan mas bima sakti mnurut ku bkan dzalim atau tdak brtanggung jawab.. Itu plihan dia, dan mnurut ku bliau rela mninggalkan bisnis yg mmberikan keuntungan pdany untuk mmilih jlan yg bnar.. Oh iy, d skolah ku jga bnyak yg sudah bergabung d mss.. Tpi sya tdk trtarik krena sudh tau hkumnya.. Dan yg bkin sya kget, ktika tman sya mndaftar pket golden hrganya 1 jta k atas dan mberikan laptopny k leadernya untuk dijual maka diapun dpat pket golden tsb tanpa mmberikan uang speser pun.. Dan ada jga tman sya yg mngambil pket silver dgn hrga 450 dan jga mmberikan laptopnya untuk dijual oleh leaderny.. Yg sya bngung.. Hrga laptop itu kan mahal.. Wlaupun laptop bkas pun, psti hrga nya gk smurah itu.. Dan sya tnya, hrga djual leaderny brpa.? Dia blang gk tau, yg jlas sya sudah dpet pketanny.. Itu yg tmbah sya tdk mau brgabung.. *Pdhal klo tman sya mau jual d tko atau k orang lain, psti hrga nya lbih mahal dri pketanny.. Jdi mreka masih pnya uang sisa.. Itu pndpat sya.. Mau yg bca stuju atau tdk dngn sya, itu trserah.. Trlebih utk mas yedi, trserah anda mau blas mrah2 sperti k mas bima sakti sbelumnya yg tmbah nnjukin bahwa mas yedi mnutupi kbenaran ya trserah.. Itu hak smpeyan.. Mkasih.. Wassalamu’alaikum..

    Suka

    • Mas Hamba Allah,

      Sebaiknya anda baca mas Hamba Allah, Melia Bukan bisnis Jual Beli Laptop, Tapi Bisnis Jual Beli Propolis dan Melia Biyang.

      Nama saya bukan Mas Yedi, Tapi Yade Zaenal Mutaqin. Betul kata mas, kalau dalam hadits mengajak keburukan maka akan kena dosanya…Nah saya mau nanya, siapa yang ajak keburukan?

      Saya jelaskan ke Mas Hamba Allah (Namanya Gak Jelas) bahwa bisnis Melia bukan bisnis mengajak keburukan dan bukan bisnis jual beli laptop, tapi ini bisnis produk Melia Biyang, Melia Propolis, Melia Skincare, Melia Kosmetik, dll.

      Jadi mohon maaf salah alamat jika anda mau jual beli laptop disni.

      Inget bisnis Melia tidak ada paksaan bergabung mas Hamba Allah (Nama Disembunyikan) tapi bisnis bagi orang yang mau hidup sehat dan konsumsi produknya.

      Terma Kasih,
      YMC

      Suka

  9. Assalamualaikum, mas yade, saya mau menanyakan lbh detail kehalalan melia dr segi bonus,marketing dll,karna saya mantan member 2015 saat msh skolah blom tau halal dan tidaknya dan saya dpt tawarin join lg dr temen dekat saya, saya msh berfikir dan mau tau detailnya kehalalanya,ribakah?, sertifikasinya dan mnurut ulama? Mohon maaf bsa di japri lwt email saya karna mau tanya lbh detail: abrahamnexus01©gmail.com
    Mohon tanggapannya

    Suka

    • Semua bisnis di Indonesia tidak ada legalitas harus minta izin ke MUI kecuali tentang kehalalan produk.

      Produk PT. MSS diproduksi di malaysia HERBAL SCIENCE maka seritifkat halalnya dari MAJLIS ULAMA MALAYSIA…dan itu cukup.

      Untuk kehalalan sistem bisnis sudah diuji oleh para ustad dan ulama akan kehalalan sistem bisnis Melia dimana tidak ada TUPO, tidak REWARDS, dan Tidak ada PERINGKAT.

      3 hal diatas yang membuat bisnis MLM haram dan di MSS itu semua tidak ada.

      Terima kasih.
      🙏🙏🙏

      Suka

  10. Semoga diberikan Hidayah dan segera tobat.
    saya kasian sama pelajar-pelajar yang diajak bisnis ini, seringkali dipaksa sama member-member MSS, di terror, dicari nomor whatsapp nya sampai gabung. Setelah gabung, di sw nya selalu pamer uang (riya). Padahal uang yang di foto hasil downline

    Suka

    • Bergabung di Melia tidak ada paksaan Qinra. Semua yang bergabung membeli produk sesuai yang mereka butuhkan. Mungkin anda yang melakukan seperti itu dan emang anda hrus segera bertaubat Qinra karena sudah merusak citra MSS. Janganlah anda menjadi oknum seperti itu!

      Suka

  11. Jujur sya pertama kali kenal MSS ini dari teman, dan sya belum bergabung karna keterbatas waktu sya dlm pekerjaan sya sekarang. Dan sya masih selalu mendapatkan informasi tentang MSS ini dari teman. Mungkin masih banyak juga yg perlu sya kaji tentang MSS ini sampai sya hapal bagaimana sistem nya.
    Dan jujur sya tdk tau tentang MSS, maka dari itu sya mengkaji mencari informasi dari sebuah website. Setelah sya mengkaji mencari info dan mengumpulkan niat untuk bergabung. Insyaallah jika memang sudah ada waktunya sya akan bergabung.
    Salam sukses, salam dahsyat, semoga sehat dan selalu ada dalam lindungan allah swt 🤲 aamiin allahuma aamiin

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.